UNRAM Press

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerbiatan UNRAM atau yang dikenal dengan sebutan UNRAM Press meupakan suatu UPT yang bergerak di bidang produksi, khususnya percetakan dan penerbitan di lingkungan Univrsitas Mataram(UNRAM). Suatu kegiatan yang cukup kompleks dan erat hubungannya denan pembuatan jurnal ilmiah, media cetakĀ  UNRAM (majalah), buku ajar, percetakan umum, laporan akademis, sampai penyediaan media cetak untuk pendidikan dan penelitian. Dalam perkembangannya, UNRAM Press pun menunjukkan kemajuan pesat yang cukup komleks dan meliputi berbagai bidang. Mulai dari faslitas, sarana-prasarana, jumlah produk yang dihasilkan, penerbiatan, proses marketing, sampai jumlah koneksi kerjasamanya. Dengan peralatan canggih dan lengkap, UPT yang saat mulai menunjukkan taringnya. Tak hanya di wilayah internal kampus, namun juga dalam skala nasional.

Produk riil UNRAM Press saat ini meliputi majalah UNRAM Point, modul MKU, modul Tahun Pertama Bersama (TPB), jurnal jurusan, buku agenda, buku wisuda dan masih banyak lagi. Yang lebih mengesankan pada 19 buku hasil karya segenap warga sivitas akademika UNRAM ini adalah kerjasamanya dengan berbagai pusat distribusi buku terkemuka di Indonesia seperti Uranus, Gramedia, dan Togamas. Jadi, karya pemikiran luar biasa yang dicetak tersebut juga dengan mudah bias ditemukan di took-toko buku umum. Pada 2009, omzet perputaran dana UNRAM Press menunjukkan peningkatan yang luar biasa. Mulai dari Rp 200 juta ketika awal kepengurusan Djoko pada pertenghan 2008, sekarang telah mencapai Rp 1,3 miliar. Tentunya hasil yang dicapai tersebut dengan kerja keras dan kerjasama tim yang solid. Dengan jumlah karyaan 15 orang yang terdiri dari lima orang PNS, satu orang CPNS dan Sembilan orang pegawai harian lepas, UNRAM Press berusaha selalu mengoptimalkan kinerjanya.

Melihat prosek pasar ke depan yang menggiurkan, maka unit yang berkantor di dalam kamput UNRAM itu memantapkan diri untuk menjadi unit bisnis straegis. Untuk mencapainya tentu harus diimbangi dengan manajemen yang bagus serta Sumber daya Manusia (SDM) yang lebih professional. Hal ini akan meningkatkanĀ  perannya sebagai perusahaan jasa produksi percetakan dan penerbitan yang dapat mendukung kegiatan UNRAM, sekaligus merupakan profit center yang memiliki daya saing.

Tidaklah muluk kalau UNRAM Press dijadikan sebagai salah stu profit center yang berdaya saing dikampus perjuangan. Dengan omzet yang mencapai miliaran rupiah, serta kiprahnya yang mampu melambungkan nama UNRAM di dunai mediacetak. Oleh sebab itu, pengembangan layanan unit selau mendapat dukungan dan respon positif dari pihak rektorat.

Perencanaan pembangunan ke depan adalah dengan menambah mesin dan alat-alat produksi percetakan dan berencana memperlebar ruang produksinya. Gedung Design Center (DC) akan diambil oleh unit ini nantinya. Tentunya dengan berbagai perbaikan di segala sudut ruangan sangat diperlukan sehingga kondisi gedung DC menjadi lebih baik.

Setelah UNRAM Press pindah ke gedung baru yang ebih luas, unit ini berencana menambah fitur pelayanannnya, di antaranya adalah pengadaan taman baca untuk buku produksi local, maupun buku pengetahuan umum. Selain itu, kafe mini juga akan dibangun di samping ruang baca. Layanan ini akan semakin memanjakan konsumennya.

Proyeksi UNRAM Press ke depan adalah semakin mengembangkan koneksi marketing dan distribusinya. Selain itu, penekanan akan pentingnya peluncuran sebuah karya tulis yang dipublikasikan ke khalayak oleh para dosen. Komitmen yang tinggi dari sivitas akademika tentu akan memperlancar penerbitan.