Pusat Teknologi Informasi dan Komputer

pustik

Keberadaan Unit Pelaksana Teknis Pusat Komputer Informasi Teknologi dan Komputer (UPT PUSTIK) bagi Universitas Mataram merupakan keharusan. Dalam pengembangan teknologi pasti membutuhkan teknologi informasi/information technology (IT). “Tugas kami yang utama adalah mengembangkan backbone (jaringan internet) untuk semua gedung UNRAM,” jelas Dr. Dedy Suhendra Kepala UPT Pustik.

Sebagai sebuah kampus, tentu kebutuhan akan infrastruktur IT menjadi sangat besar. Karena itu, pustik selalu berupaya menambah kapasitas bandwidth sehingga bisa menambah kecepatan aksesnya. Pada awalnya, bandwidth UNRAM adalah 4 mbps pada tahun 2009, tahun 2010 meningkat 10 mbps dan tahun 2011 meningkat lagi menjadi 40 mbps. Kecepatan ini bekerjasama dengan menggunakan jaringan operator PT. INTERLINK TELKOM. Penambahan tersebut untuk mendukung pengembangan UNRAM sebagai kampus terkemuka  untuk Indonesia bagianTimur.

Jaringans pelayanan Pustik sampai ke setiap gedung, tetapi pengelolaan di dalamnya diserahkan kepada masing-masing pengelola gedung tersebut. Setiap unit di UNRAM telah mempunyai staf di bagian IT untuk pengembangan lebih lanjut.

Selain melayani pengembangan infrastruktur jaringan, UPT PUSTIK juga mengembangkan beberapa software aplikasi atau system informasi manajemen (SIM) baik untuk akademik maupun untuk kebutuhan operasional unit yang ada di UNRAM. Pustik juga membantu mengembangkan SIM akademik, SIM keuangan, SIM kepegawaian, dan SIM inventarisasi, UPT PUSTIK juga menyediakan web hosting bagi unit-uit UNRAM yang ingin mengembangkan sendiri website-nya. Untuk unit-unit yang ingin membuat web bisa dibantu pembuatannya, tetapi layout dan kontennya diserahkan kepada unit yang memintanya,”Tutur Arunarto.

PUSTIK, juga sedang mempersiapkan system untuk pembayaran SPP mahasiswa dengan menggunakan tiga bank dan mahasiswa bebas memilih bank yang akan digunakan untuk pembayaran SPP-nya.

PUSTIK juga sering dijadikan tempat untuk magang beberapa mahasiwa dari perguruan tinggi lain. Seringkali juga diminta untuk melatih admin dan jaringan di beberapa tempat. Selain itu juga memberikan pelatihan jaringan untuk siswa-siswa SMK.