Sejarah Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri

Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri  (FATEPA) merupakan  Fakultas  terbaru di lingkungan Universitas Mataram yang didirikan berdasarkan persetujuan Dirjen Dikti Kemendikbud No: 144/E/C/2012 dan SK Rektor UNRAM   No: 1569/UN18/HK.00.12/2012. Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri saat ini mengelola 2 (dua) program studi jenjang S1 yaitu Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (PS ITP) dan Program Studi Teknik Pertanian (PS TEP).

Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan dahulunya bernama Program Studi Teknologi Hasil Pertanian di bawah pengelolaan Fakultas Pertanian Universitas Mataram yang ditetapkan dengan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 49/DIKTI/KEP/1984. Program studi ini terakreditasi B dengan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Nomor: 025/BAN-PT/Ak-XIII//S1/2010, berlaku sampai dengan 12 Nopember 2015.

Pembukaan Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri diresmikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI   Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh, DEA pada tanggal 2 Juli 2012.

Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan bertujuan menghasilkan lulusan yang ahli di bidang   pangan (Food Technologist) dengan kualifikasi mampu dan profesional dalam menerapkan ilmu   dan  teknologi   pangan  yang mencakup kimia, biokimia  dan analisis  pangan, mikrobiologi dan keamanan pangan, rekayasa pangan,  ilmu  pangan terapan,   manajemen  pada  sistem seleksi, pengawetan, pengolahan, pengemasan, distribusi  dan  pemanfaatnan bahan pangan dengan baik, aman dan bermutu. Kurikulum PS ITP disusun dengan mempertimbangkan  perkembangan ilmu dan teknologi pangan yang mengacu kepada anjuran kurikulum Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) dan   International Food Technology (IFT).

Program  Studi  Teknik   Pertanian (PS TEP),  Fakultas  Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram merupakan Program Studi   yang dahulunya juga dibawah Fakultas Pertanian berdiri berdasarkan SK. Dirjen   Dikti   Kemendikbud             No.: 27/DIKTI/Kep/2005. Program Studi Teknik Pertanian terakreditasi B dengan SK BAN-PT No. 023/BAN-PT/Ak-XIV/S1/2011 ,  berlaku sampai dengan 9 September 2016. Tujuan kurikulum Program Studi  Teknik  Pertanian, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram menghasilkan lulusan yang mampu menguasai, menerapkan dan mengembangkan dasar-dasar  teknik  (engineering) di  bidang pertanian, biosistem dan agroindustri  berwawasan lingkungan. Kurikulum PS TEP disusun berdasarkan anjuran kurikulum Perhimpunan Teknik Pertanian Indonesia  (PERTETA) dan   Kurikulum Internasional ASABE (American Sociery of Agricultural and Biological Engineering). 

 

Visi, Misi dan Tujuan

Visi Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Unram adalah: Mengembangkan ilmu, teknologi dan sumberdaya manusia yang bermutu, dinamis dan inovatif  di bidang pangan, agroindustri dan biosistem yang  berwawasan lingkungan.

Misi Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Unram  adalah:

  1. Melaksanakan pendidikan yang berorientasi pada: keilmuan, profesional dan kewirausahaan.
  2. Melakukan penelitian untuk mengembangkan ilmu teknologi pangan, agroindustri dan biosistem.
  3. Berperan aktif dalam penerapan teknologi pangan, agroindustri dan biosistem dalam rangka memajukan industri pertanian.

Tujuan Pendidikan Tinggi Program Sarjana pada Fakulas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram adalah: Meningkatkan mutu proses pembelajaran sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh profesional dan pemerintah;  meningkatkan mutu lulusan yang dapat diterima oleh pasar kerja di tingkat regional nasional, serta internasional; meningkatkan mutu penelitian dan memperbanyak paket teknologi yang mendapat HKI serta meningkatkan pelayanan pada masyarakat dalam bentuk penyebarluasan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi; meningkatkan kekuatan jejaring kerjasama (networking) dengan pemangku kepentingan (stakeholder) dalam upaya berpartsipasi untuk pembangunan teknologi pangan, agroindustri dan biosistem.

Organisasi dan Personalia

Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri mempunyai beberapa unit organisasi, yakni: Senat sebagai lembaga normatif. Unsur Pimpinan yang terdiri atas Dekan dan para Pembantu Dekan. Unsur Pelaksana Akademik terdiri atas 2 (dua)  Program Studi yaitu: bagian Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) dan Program Studi Teknik Pertanian (TEP). Masing-masing Program Studi dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi. Unsur lain dalam Organisasi Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri saat ini adalah unsur Penunjang Akademik yang terdiri atas Laboratorium dibawah koordinasi Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) yakni Laboratorium Kimia dan  Biokimia Pangan, Laboratorium Pengolahan Pangan, Laboratorium Mikrobiologi Pangan dan Laboratorium Pengendalian Mutu sedangkan Laboratorium dibawah koordinasi Program Studi Teknik Pertanian (TEP) yakni  Laboratorium Daya dan Mesin Pertanian, Laboratorium Teknik Bioproses dan Laboratorium Teknik dan Konservasi Lingkungan Pertanian., Ruang Baca (perpustakaan); yang tidak kalah pentingnya adalah Organisasi Mahasiswa yang terdiri atas BEM dan DPM serta beberapa Unit Kegiatan Fakultas (UKF)

JSN Solid template designed by JoomlaShine.com

Copyright ┬® 2016 Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Mataram 2016