Sekilas Sejarah Berdirinya Fakultas Peternakan Unram

Fakultas Peternakan didirikan dengan SK Pendirian Institusi: No. 139/1962 tanggal 3 November 1962 dengan Surat Keputusan Presidium Unram Nomor SP/134/I.C/1967 tanggal 14 Nopember 1967. Nama Fakultas ini sedikit mengalami perubahan, yaitu dari Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan menjadi Fakultas Peternakan.

Pada awal berdirinya tahun 1968 Fakultas Peternakan Unram kegiatan perkuliahan dan praktikum dilaksanakan di SPMA Negeri Mataram. Setelah dua tahun Fakultas Peternakan Unram memiliki gedung perkuliahan sendiri berlokasi di Karang Jangkong, sedangkan kegiatan praktikum di laksanakan di Laboratorium Fakultas Pertanian Unram secara Departemental System. Sampai dengan tahun akademik 1976, Fakultas Peternakan Unram hanya menyelenggarakan pendidikan sampai tingkat sarjana muda.

Sejak tahun akademik 1977 Fakultas Peternakan Unram menempatai gedung kuliah dan praktikum  di Kampus Unram Jalan Pendidikan Mataram, telah menyelenggarakan pendidikan sampai tingkat sarjana. Mulai saat itu Fakultas Peternakan Unram sudah menghasilkan lulusan sarjana peternakan. Selain itu Fakultas Peternakan Unram dilengkapi dengan fasilitas laboratorium terapan (Teaching Farm) seluas 2,6 hektar yang terletak di desa Lingsar, jaraknya lebih kurang 10 km dari kampus Unram. Laboratorium terapan tersebut berfungsi sebagai tempat praktikum dan penelitian.

Pada tahun 1992 Fakultas Peternakan Unram pindah gedung di kampus baru jalan Majapahit Mataram. Mulai tahun 1996 secara bertahap selama 5 tahun  dibangun laboratorium lapangan di Sumbawa pada lahan seluas, + 500 hektar. Lahan tersebut merupakan bantuan dari PEMDA Tk. II Sumbawa sedangkan bangunan dan isinya dari Pemerintah Pusat.

Sepanjang perjalan sejarahnya, Fakultas Peternakan Unram telah banyak melakukan langkah-langkah ke arah pengembangan dan peningkatan. Di antaranya mengadakan afiliasi dan kerjasama dengan Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada Yogyakarta, baik dalam bentuk bantuan tenaga pengajar sebagai dosen terbang, pengiriman mahasiswa ke Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada sebagai kader dosen Fakultas Peternakan Universitas Mataram, penataran purna sarjana maupun kerjasama dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu berkat kerjasama Indonesia – Australia (LPIU-IAEUP dan LPIU-PPSLPT), maka banyak kemajuan yang diperoleh yaitu pengembangan kemampuan staf pengajar (tugas belajar ke dalam dan luar negeri, short course, lokakarya, seminar, penelitian dll), pengadaan dosen detasiring dan replecement dari perguruan tinggi sumber (UGM, IPB, UNHAS, UNIBRAW) terutama untuk mengisi kekurangan dosen mata kuliah Basic Sciences, pengembangan sarana dan prasana laboratorium untuk penelitian dosen dan mahasiswa, dll. Dalam usaha pengembangan sarana dan prasarana untuk kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat oleh dosen maupun oleh mahasiswa, telah banyak dilakukan kerjasama dengan instansi yang terkait baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

Dalam usianya yang ke 44 (1968–2012) Fakulktas Peternakan telah mengalami perkembangan. Tenaga pengajar pada saat ini (Agustus 2012) sejumlah 87 orang, yang terdiri atas 10 orang guru besar, 17 orang doktor, 48 orang master dan sisanya sedang tugas belajar. Pada saat ini yang sedang menyelesaikan S3 sejumlah 14 orang, sedang menyelesaikan S2 sejumlah 2 orang. Sedang jumlah mahasiswa yang aktif menjalani kuliah sampai saat ini berjumlah 896 orang, jumlah tersebut bila dibandingkan dengan jumlah dosen maka rasionya adalah 1 : 10

Sejak berdiri hingga sekarang, Fakultas Peternakan Universitas Mataram telah mengalami 9 kali penggantian pimpinan (Dekan) sebagai berikut :

  1. Drh. Anwar Abidin     (Periode 1969 – 9169)
  2. Drs. Masri Hanafi     (Periode 1970 – 1971)
  3. Drs. Suhadi                                              (Periode 1971 – 1972)
  4. Drs. Sanoesi Martodigdo                           (Periode 1972 – 1977)
  5. Ir, Lalu Widjaje                                          (Periode 1977 – 1979)
  6. Ir. Gufran                                      (Periode 1979 – 1985)
  7. Ir. Hasyim                                              (Periode 1986 – 1992)
  8. Dr. Ir. M. Ichsan, MS.                             (Periode 1992 – 9198)
  9. Ir. Samiadi, SU                                      (Periode 19992002)
  10. Ir. Muhzi, MS                                (Periode 2002 – 2010)
  11. Prof.Ir. Yusuf Ahyar S.                    (Periode 2010 – sekarang)

 

Kompetensi. Usaha Fakultas Peternakan untuk menghasilkan lulusan sesuai dengan tuntutan pengguna adalah mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi, yaitu dengan cara meningkatkan kualitas kerja praktek, soft skill, pemanfaatan umpan balik dari alumni dan peningkatan kemampuan bahasa Inggris. Selain itu juga didukung oleh kegiatan-kegiatan yang mendorong kreativitas, memberikan pengetahuan bagi lulusan serta menumbuhkan jiwa kemandirian. Dengan tumbuhnya jiwa kemandirian ilmiah, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan inisiatif, kreativitas dan daya kritis dalam proses pengajaran dan melakukan penelitian sehingga dihasilkan lulusan S1 Peternakan yang berkualitas dan profesional, mampu mengembangkan diri dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh, serta memiliki kapasitas akademik untuk memberikan pemecahan atas berbagai masalah peternakan.

Kerjasama. Meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain dan instansi baik dalam dan luar negeri. Kerjasama dalam PBM misalnya melalui pertukaran dosen untuk memberikan kuliah. Kerjasama tersebut dilakukan dengan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada. Para dosen Fakultas Peternakan, UGM dan Fakultas Peternakan UNRAM bisa saling tukar memberi kuliah. Bekerjasma dengan Pemda Kalimantan Tengah, tentang budidaya dan inseminasi buatan pada rusa, yang prakarsai oleh Prof. Drh. Adji S. Dradjat, M.Phil, Ph.D dan koleganya. Bekerjasama dengan Instansi terutama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan kontes kelompok tani ternak se NTB, monitoring dan evaluasi kinerja Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB, dan semua Dinas Peternakan di kabupaten dan kota se NTB. Para dosen dikoordinir oleh Fakultas, bekerjasama dengan masyarakat melalui Program Bina Desa. Berkerjasama membantu menyusun program dan rencana pengembangan dan pelatihan budidaya sapi di daerah transimigrasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa Barat. Kerjasama dengan institusi luar negeri misalnya dengan JICA, ACIAR, ANTARA-USAID dalam bidang riset sehingga Program Studi bisa memperoleh manfaat dari kerjasama tersebut.

Kemahasiswaan. Upaya meningkatkan minat calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Fakultas Peternakan Universitas Mataram ditempuh sejumlah upaya sosialisasi pengenalan Fakultas, melalui : penyebaran informasi  ke berbagai SLTA Negeri maupun Swasta; distribusi leaflet; melalui aktifitas kemahasiswaan : Lomba Bola Voley Tingkat SLTA se Pulau Lombok dan Jambore Band Contest (JBC); memasang  spanduk ditempat-tempat strategis dan kunjungan langsung. Di samping itu, juga dengan memanfaatkan keberadaan Sarjana Masuk Desa (SMD) khusus untuk sektor peternakan untuk melakukan sosialisasi ketengah-tengah masyarakat. Teknik sosialisasi sebagaimana penjelasan sebelumnya ternyata cuku pefektif dalam menarik minat orang tua untuk mengarahkan anak nyauntuk masuk di Fakultas Peternakan. Demikan pula halnya dengan siswa SLTA itu sendiri.

Mahasiswa baru adalah mereka yang baru pertama kali terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Mataram melalui seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SPMB, SMUD, Test Mandiri, dan Pindahan) sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Mahasiswa lama adalah mahasiswa yang masih mempunyai hak sebagai mahasiswa Unram. Mahasiswa asing adalah WNA yang mendaftar sebagai mahasiswa Unram, yang telah memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan baik oleh Pemerintah Republik Indonesia maupun Universitas Mataram.

Daya tampung Program Studi Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Mataram pada tahun 2011/2012 khusus mahasiswa baru sebanyak 387 orang yang terdiri dari jalur SNMPTN undangan sejumlah 16 orang, SNMPTN tulis 168 orang, SMUD sebanyak 48 orang, test mandiri 155 orang, peminat seluruhnya berjumlah 890 orang, lulus test 374 orang, dari 374 orang yang dinyatakan lulus test namun hanya 309 orang yang mendaftar ulang. Total mahasiswa terdaftar dari semua angkatan pada tahun akademik 2011/2012 ini sejumlah 896 orang. Mahasiswa yang menempuh pendidikan melalui program studi ini akan menerima pelayanan berupa bimbingan dan konseling, minat dan bakat (ekstra kurikuler), pembinaan soft skills, beasiswa, dan kesehatan.

Tanaga Pengajar. Jumlah dosen tetap di lingkungan Fakultas Peternakan hingga tahun 2012 sebanyak 87 orang, masing-masing : 28 orang pada Program Studi Nutrisi dan Makanan ternak, 13 orang di Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Ternak dan 46 orang dosen tetap pada Program Studi Produksi Ternak. Dari jumlah tersebut, dosen dengan jabatan fungsional AsistenAhli 6 orang (6,74%), Lektor sebanyak 27 orang (30,34%), Lektor Kepala sebanyak 46 orang (51,69%) dan Profesor/Guru besar sebanyak 10 orang (11,23%).

Berdasarkan pendidikan tertinggi, tercatat 2 orang (2,3%) masih berpendidikan S1, 61 orang( 70,10%) berpendidikan S2 dan 24 orang (27,6% ) telah menyelesaikan pendidikan S3. Dosen yang berpendidikan S1 sedang melanjukan ke jenjang S2 sedangkan yang melanjutkan ke jenjang S3 sebanyak 11 orang.

Tenaga pengajar di Fakultas Peternakan Universitas Mataram mempunyai keahlian dalam bidangnya masing-masing seperti :Ilmu Ternak, Reproduksi Ternak, Fisiologi Reproduksi Ternak, Kedokteran Hewan, Ilmu Biologi, Produksi Ternak Perah, Hijauan Pakan Ternak,  Lingkungan Ternak, Kultur Jaringan, Produksi Ternak, Fisiologi Ternak, Produksi Ternak Unggas, Sosial Ekonomi, Pengembangan SDM, Pembangunan Pedesaan dan Wilayah, Penyuluhan & Komunikasi, Sosiologi Pedesaan, Produksi Ternak Potong/Kambing, Produksi Ternak Potong/Kerbau, Produksi Ternak Ternak Kerja, Nutrisi Makanan Ternak, Menejemen Sumber daya.

Penelitian. Terdapat banyak penelitian yang telah dilakukan tenaga Fakultas PeternakanUnram, diantaranya: (1) Survey on Current Condition of Pilot Farmers Group for Beef Cattle Development  in NTB; (2) The Beef Cattle Development Project Utilizing Local Resources in the Eastern Port of Indonesia.

Fasilitas. Selaras dengan tujuan pendidikan di Fakultas Peternakan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, Fakultas memiliki 14 unit kantor, 9 unit ruang kuliah dengan kapasitas ruang 150 orang (2 unit) dan 50 orang (7 unit), 13 unit laboratorium dan 2 unit perpustakaan dan ruang untuk kegiatan kemahasiswaan. Laboratorium-laboratorium di lingkungan PS Peternakan adalah: Laboratorium Ternak Potong, Ternak Perah, Ternak Unggas Teknologi Produksi Ternak, Reproduksi, Pemuliaan Ternak, Nutrisi, Hijauan Makanan Ternak, dan Mikrobioteknologi. Fakultas Peternakan juga memiliki Laboratorium Terapan (Teaching Farm) yang digunakan untuk praktikum mahasiswa dan penelitian untuk tugas akhir/skripsi. Beberapa pusat-pusat riset yang berada di lingkungan Fakultas adalah PUNJAHI  dan RECENT TREND and GAPS.

Prospek Lulusan. Bidang pekerjaan alumni Fakultas Peternakan tersebar pada berbagai instansi/lembaga di seluruh Indonesia, baik pemerintahan, perusahaan, LSM, bahkan membuka usaha sendiri. Perlu diingat bahwa di masa mendatang dengan pasar bebas dan bertambahnya penduduk, kesadaranakan pentingnya makanan bermutu dan bergizi tinggi, tingkat pendidikan, kesadaranakan perlunya tubuh yang sehat dan kuat, serta perbaikan kesejahteraan masyarakat, menyebabkan permintaanakan produk peternakan baik kuantitas maupun kualitas juga akan meningkat. Hal ini member gambaran bahwa lulusan Program Studi Peternakan mempunyai prospek cerah dimasa dating dalam hal pendapatan dan lapangan kerja.

 

 

JSN Solid template designed by JoomlaShine.com

Copyright © 2016 Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Mataram 2016