Sekilas Sejarah Berdirinya Fakultas Pertanian Unram

Berdasarakan surat keputusan Menteri PTIP pada tanggal 3 Nopember 1962 No.139/1962 di Mataram ditetapkan adanya suatu Universitas Negeri yaitu Universitas Mataram (UNRAM) yang terdiri atas 3 fakultas yaitu :

  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Peternakan

Sehubungan dengan hal tersebut  ditunjuklah Bapak Ir. Sudarmanto (Direktur SPMA Negeri Mataram) sebagai Ketua Persiapan Pembukaan Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Adapun pelaksanaan kuliah dan praktikum sepenuhnya di gedung SPMA Negeri Mataram karena pada saat itu Unram belum mempunyai gedung sendiri. Kegiatan tersebut dimulai tanggal 20 Januari 1967, dan baru diresmikan berdirinya berdasarkan surat keputusan Presidium Universitas Mataram No. 20/03/I.C/1967 tanggal 27 Januari 1967 terhitung mulai tanggal 1 januari 1967. Selanjutnya tanggal 1 Januari ditetapkan sebagai Hari Ulang Tahun Fakultas Pertanian Universitas Mataram.

Selama dua tahun pertama Fakultas Pertanian dipimpin berturut-turut oleh Ir. Yosef Yusuf dan Ir. Umarsono Imanwiredjo, kemudian periode-periode berikutnya Ir.Sumarjo sampai dengan tahun 1979, Ir. Suharto Tjitrihardjono periode 1979–1986, Ir. Norberth Ama Ngongu periode 1986–1992, Ir. Mansur Ma’shum, Ph.D. periode 1992–1995 dan dilanjutkan oleh   Ir. Sudarmadji Rahardjo, MS periode 1995 – 1998 dan diangkat kembali untuk periode 1998- 2002. Selanjutnya periode 2002 – 2005 Ir. Parman, Ph.D.; dan       Ir. Sudirman, M.Sc., Ph.D. periode 2006 - 2010; dan Prof. Ir. M. Sarjan, M.App.Sc., Ph.D. pada periode 2010 – 2014.

Dalam rangka pengembangan dan pembinaan Fakultas Pertanian Universitas Mataram pada tanggal 10 Mei 1969 ditandatanganilah Piagam Kerjasama (Afiliasi) dengan Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada. Realisasi Kerjasama tersebut antara lain, bantuan tenaga pengajar senior sebagai dosen terbang dari Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada, memberikan ijin belajar bagi para mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Mataram guna mendapatkan bimbingan langsung dalam penelitian dan penulisan tesis. Kemudian pada tahun 1986 hubungan kerjasama diperbaharui dengan keluarnya surat pelaksanaan kerjasama antara Fakultas Pertanian Universitas Mataram dan Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada.

Pada tahun 1971  Fakultas Pertanian Universitas Mataram telah menempati gedung baru yang terletak di kampus Universitas Mataram Jalan Pendidikan Mataram. Untuk memberikan kesempatan bagi lulusan Sarjana Muda Fakultas Pertanian melanjutkan pendidikannya sampai sarjana penuh, maka dibukalah tingkat doktoral mulai tahun 1976.

Sejak berdiri sampai dengan tahun angkatan 1979 menggunakan Sistem Paket Semester, sedangkan mulai tahun angkatan 1980 menggunakan Sistem Kredit Semester.

Tenaga pengajar tetap pada Fakultas Pertanian Universitas Mataram sampai dengan tahun akademik 2011/2012 sebanyak 176 orang dengan jumlah mahasiswa terdaftar sebanyak 2393 orang. Dari tahun 1966 s/d 2012 Fakultas Pertanian telah meluluskan mahasiswa sebanyak 5682 orang.

 Visi Fakultas Pertanian Unram adalah mewujudkan Fakultas Pertanian yang berdaya saing internasional dalam pengembangan sistem pertanian berkelanjutan pada tahun 2025. Visi tersebut dilandasi oleh nilai utama (core values) yang dianut dalam menjalankan setiap kegiatan akademik dan manajemen, yaitu mutu, integritas, kreativitas, novasi dan visi ke depan

Misi Fakultas Pertanian Unram adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat melalui pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang pertanian untuk mendukung pertanian berkelanjutan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia yang kompoten dan produk serta teknologi pertanian yang unggul.

Pertanian adalah penerapan karya manusia pada alam, terutama tumbuh-tumbuhan dan hewan, dengan maksud untuk mendapatkan hasil produksi seoptimal mungkin guna mencukupi kebutuhannya. Adapun ilmu prtanian ialah ilmu yang  Untuk menjalankan Misi dan mewujudkan Visi di atas, maka tujuan Fakultas Pertanian Universitas Mataram:

  1. 1.Meningkatkan ketersediaan sarana prasarana akademik yang menunjang perbaikan mutu proses pembelajaran
  2. Menghasilkan lulusan yang kompoten yang dicirikan oleh tenaga yang mahir, terampil, mandiri, berkarakter, berjiwa wirausaha, dan tanggap terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang pertanian
  3. Mengembangkan dan menemukan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pertanian
  4. Menyebarluaskan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masyarakat dalam menunjang pembangunan pertanian berkelanjutan
  5. Membangun dan mengembangkan kerjasama dengan pihak lain baik lokal, nasional, regional, serta internasional.

 

Untuk mencapai tujuan Fakulas Pertanian Universitas Mataram, maka sasaran yang ingin dicapai adalah:

  1. Meningkatkan mutu proses pembelajaran sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah
  2. Meningkatkan mutu lulusan yang dapat diterima oleh pasar kerja di tingkat nasional, regional, serta internasional
  3. Meningkatkan mutu penelitian dan memperbanyak paket teknologi yang mendapat HaKI
  4. Meningkatkan pelayanan pada masyarakat dalam bentuk penyebarluasan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi
  5.  Meningkatkan kekuatan jejaring kerjasama (networking) dengan pemangku kepentingan (stakeholder) dalam upaya berpartsipasi untuk pembangunan pertanian.

 

JSN Solid template designed by JoomlaShine.com

Copyright ® 2017 Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Mataram 2017