Sekilas Sejarah Berdirinya FKIP

Salah satu tujuan Negara Repubilk Indonesia yang dinyatakan dalam UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk melaksanakkan amanat itu pemerintah menyelenggarakan satu sistem Pendidikan Nasional yang diatur dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Dengan meningkatnya perluasan kesempatan belajar pada tingkat menengah, kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan suksesnya program wajib belajar menuntut adanya tenaga pendidik/guru untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Hal inilah yang memberikan dampak meningkatnya kekurangan tenaga pendidik di seluruh wilayah Indonesia termasuk daerah Nusa Tenggara Barat.

Untuk mengatasi adanya kekurangan tenaga pendidik/guru, pemerintah c.q. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan telah membentuk Proyek Pembangunan Kependidikan Sistem Pendidikan Tinggi Kependidikan (PPSPTK, Tahun 1979) yang berorientasi pada kebutuhan nyata akan tenaga kependidikan di lapangan yang menganut Wawasan Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi (WPGBK) melalui sistem pengelolaan yang terpadu.

Mulai tahun ajaran 1981/1982 dengan adanya SK Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 326/D2.3/M/80 tertanggal 31 Desember 1980, Universitas Mataram diberikan tugas untuk mengelola Program Diploma I Kependidikan bidang studi PMP, Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika. Dengan diselenggarakannya program tersebut Universitas Mataram memiliki LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) sebagai lembaga pembina  Program Diploma Kependidikan. Berdasarkan pemikiran itu, dengan SK Rektor Universitas Mataram No. 102/PT.21/H4/81 tertanggal 25 April 1981 dibukalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Selanjutnya pada tahun akademik 1981/1982 Universitas Mataram diberi tugas untuk mengelola Program Pendidikan Diploma II (dua) untuk bidang Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika di samping masih tetap mengelola Program Pendidikan Diploma I. Keadaan pada fase embrional ini FKIP Universitas Mataram tetap optimis menghadapi tantangan yang datang silih berganti. Jumlah mahasiswa setiap tahunnya terus bertambah sedangkan ruang kuliah yang ada belum memadai, sehingga kegiatan perkuliahan tersebar di seluruh ruang-ruang perkuliahan yang ada dilingkungan Universitas Mataram mulai dari pagi hingga malam hari.

Dengan Keluarnya SK Presiden RI No. 63 tahun 1982 tertanggal 7 September 1982 tentang Susunan Organisasi Universitas Mataram, FKIP secara resmi diakui kehadirannya dan untuk itu diharapkan FKIP Universitas Mataram dapat lebih mengembangkan lembaganya dan mampu mencetak tenaga-tenaga kependidikan/guru yang memiliki kompetensi professional, personal, kemasyarakatan yang tangguh, dan memiliki rasa tanggungjawab serta pengabdian dalam melaksanakan tugasnya.

Kemudian pada fase 10 tahun pertama berdirinya FKIP kembali ditugaskan untuk membina Program D II   PGSD guru kelas yang pelaksanaan operasionalnya terletak di UPP luar kampus, (eks. SGO), dan merupakan satu UPP dengan UPP dalam kampus yakni UPP FKIP. Penerimaan mahasiswa baru untuk D II PGSD ini telah dimulai pada tahun akademik 1991/1992 dan tidak dibuka kembali sejak tahun akademik 2004/2005. Untuk tahun akademik 1992/1993 FKIP juga telah mendapat tugas mengelola Program D3  PGSM Penyetaraan Matematika dan IPA bersama-sama dengan Kanwil Depdikbud NTB. Masukan D3 PGSM ini berasal dari guru-guru SMP Bidang Studi Matematika dan IPA se-Lombok Barat yang masih berkualifikasi DI atau PGSLP. Tugas ini hanya berlangsung untuk satu angkatan. Tahun 1995/1996 telah dibuka program PGSM, PPMPWB, PGSM S1, PGSM D3 bekerjasama dengan Kantor Wilayah Depdikbud Propinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun berikutnya dibuka program Akta IV dan Penyetaraan S1 melalui Proyek Peningkatann Guru Sekolah Menengah (PGSM) Ditjen Dikti.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pendidikan dasar, FKIP Universitas Mataram pada tahun 2005/2006 membina S1 PGSD, dan pada tahun 2007/2008 FKIP Universitas Mataram meneyelenggarakan Perogram Pendidikan S1 PGSD Kualifikasi dalam Jabatan bagi guru SD berjenjang pendidikan SPG dan SGO. Pada tahun 2008/2009 ini FKIP Universitas Mataram juga membina Program S1 PG-PAUD yang merupakan perubahan dari Program D2 PGTK, dan Program S1 ekstensi disamping program-program regular yang memang sudah dibina jauh sebelumnya. Pada tahun akademik 2009/2010 ini, FKIP Universitas Mataram sudah mengusulkan penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pendidikan Seni, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah. Pada tahun akademik 2009/2010, FKIP Universitas Mataram dipercaya untuk menyelenggarakan Program Pendidikan S1 PGSD Peningkatan Kualifikasi Guru dalam Jabatan, dan telah mengusulkan Program Pendidikan S1 Peningkatan Kualifikasi Guru Mata Pelajaran, yang dapat menerima mahasiswa baru setiap semester.

Pada tahun akademik 2008/2009, FKIP Universitas Mataram juga dpercaya membuka Program  Magister Pendidikan Sains. Untuk tahun akademik 2009/2010, FKIP Universitas Mataram sudah mengusulkan penyelenggaraan Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Manajemen Pendidikan.

Sarana Gedung

Pada awal berdirinya, tahun akademik 1981/1982, FKIP Universitas Mataram belum memiliki gedung sendiri sehingga perkuliahan dilaksanakan di ruang-ruang tertentu diseluruh jajaran fakultas yang ada di lingkungan Universitas Mataram. Sarana laboratorium yang tak kalah pentingnya dalam proses pendidikan juga pada saat itu belum dimiliki oleh FKIP, sehingga kegiatan Praktikum bagi mahasiswa Program Studi Biologi masih menggunakan Laboratorium Fakultas Peternakan dan Laboratorium Dasar, sedang mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris memanfaatkan Laboratorium Bahasa Universitas Mataram.

Kondisi pada tahun 1993/1994 jumlah tawaran matakuliah untuk program S1 dan Diploma rata-rata /semester 825 SKS. Kalau kapasitas penggunaan secara maksimal (pagi-sore) rata-rata 56 SKS/minggu/ruang maka minimal ruang kuliah yang diperlukan adalah 25 ruang kuliah.

Pada akhir tahun 1985 FKIP Unram mendapat sebuah gedung berlantai tiga dengan ruang kuliah sejumlah 8 ruang. Gedung ini sekarang lebih dikenal dengan Gedung B dan Gedung C dan dipergunakan bersama oleh Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni dan Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA. Pada saat itu, gedung ini belum mampu mengatasi kebutuhan ruang kuliah yang seharusnya. Oleh karena itu perkuliahan masih  menggunakan sebagian ruang kuliah Fakultas Hukum (sekarang Fakultas Kedokteran) dan Fakultas Ekonomi (sekarang Program Studi Pariwisata dan Program Magister Manejemen) di Kampus Lama Universitas Mataram (jln Pemuda).

Dengan diintegrasikannya SGO Mataram ke FKIP Unram pada tahun 1990, FKIP mendapat tambahan ruang kuliah sebanyak 6 ruangan dan saat itu digunakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Namun jumlah tersebut masih belum mampu mengatasi kebutuhan ruang kuliah yang diperlukan. Akan tetapi, sejak tahun 2005, gedung eks-SGO telah dikelola bersama antara FKIP Universitas Mataram dan Dinas Pendidikan Kota Mataram dalam bentuk Sekolah Dasar Bertaraf Internasional.

Dengan selesainya gedung baru Fakultas Hukum Unram (di Kampus Baru Universitas Mataram, Jln Majapahit No. 62) pada tahun 1992, gedung lama Fakultas Hukum yang berlokasi di areal FKIP Unram diserahkan penggunaannya kepada FKIP Unram. Semenjak penyerahan gedung ini, kebutuhan ruang kuliah FKIP Unram relatif telah terpenuhi. Gedung ini sekarang dikenal dengan Gedung D dan dipergunakan oleh Jurusan Ilmu Pendidikan.

Pada tahun 1990 gedung Perpustakaan Unram yang baru telah dapat dimanfaatkan. Gedung Perpustakaan lama diserahkan penggunaannya kepada FKIP Unram untuk Laboratorium Biologi. Namun demikian, sejak berdirinya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) tahun 2004 pengelolaan gedung ini dialihkan ke Fakultas baru tersebut.

Sejalan dengan perkembangan program studi dan pertambahan mahasiswa sejak tahun 1993-1994 FKIP kembali mengalami kekurangan ruang kuliah. Terlebih lagi dengan dibukanya Program PGSM, PMPWB, PGSM D3 pada tahun 1995/1996 dan Akta IV serta Penyetaraan S1. Pada tahun 1999 FKIP mendapat tambahan satu gedung baru berlantai tiga untuk ruang kuliah, administrasi dan dosen, sehingga kekurangan ruang kuliah dapat teratasi. Gedung ini disebut Gedung A dan juga dipergunakan sebagai tempat perkuliahan oleh Jurusan Pendidikan MIPA dan  Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni.

Sarana gedung yang ada masih belum mampu mengakomodasi kebutuhan ruang kuliah, apalagi sejak tahun 2005, FKIP Universitas Mataram membuka program ekstensi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Pertengahan tahun 2008 dan 2009, FKIP Universitas Mataram mendapat dana APBN untuk pembangunan Gedung E. Walau dnaa ini diturunkan secara bertahap, dengan dilanjutkannya pembangunan Gedung E pada pertengahan tahun 2009 diharapkan dapat memenuhi sebagian dari kebutuhan ruang kuliah saat ini. Disamping itu, kebijakan penggunaan bersama fasilitas (resource sharing) di Universitas Mataram diharapkan dapat mengakomodasi kekurangan ruang kuliah FKIP Universitas Mataram.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram sejak berdiri sampai sekarang telah mengalami perubahan pimpinan selama 9 (sembilan) kali.

JSN Solid template designed by JoomlaShine.com

Copyright ┬® 2016 Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Mataram 2016