Fakultas Hukum Universitas Mataram merupakan salah satu dari 9 (Sembilan) Fakultas yang ada di Universitas Mataram saat ini dan merupakan salah satu Fakultas tertua. Didirikanpadatanggal 1 Januaritahun 1976. Fakultas Hukum Unram semula merupakan Sekolah Tinggi Hukum di bawah Yayasan Sangkarean.Pada Ttahun 1963 dalam rangka ulang tahun Propinsi NTB Yayasan Pendidikan Sangkarareang diambil alih oleh Pemerintah dan dijadikan Universitas Mataram. Bersama-sama Fakultas ekonomi, Sekolah Tinggi Hukum yang waktu itu bernama Sekpolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan masyarakat menjadi Fakultas di dalam Universitas Mataram yang baru dibentuk tersebut.

Universitas Mataram sendiri didirikan berdasarkan surat keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan tanggal 3 Nopember 1962, sedangkan Sekolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat masuk menjadi Fakultas Hukum Universitas Mataram tanggal 25 Januari 1967 dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. I/1967 dengan nama Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat Universitas Negeri Mataram. Untuk peningkatan mutu lulusan, semenjak itu pula diadakan hubungan kerjasama antara berbagai Fakultas Hukum pembina yang ada di Pulau Jawa seperti Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada dan Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Pada 1969 diadakan kerjsama dalam bentuk afiliasi antara Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada dengan Fakultas Hukum Universitas Mataram yang ketika itu Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat telah di ubah namanya menjadi Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat Universitas Negeri Mataram. Para pendiri Fakultas Hukum Universitas Mataramantara lain ialah: (1) Lalu Anggrat, BA; (2) I Gusti Bagus Ngurah, BA.; (3) H. A, Malada; (4) Drs. Lalu Srigede; (5) Mr. Lalu Mala Syarifuddin; (6) Lalu Lukman; (7) Lalu Muslihin; (8) Lalu Thohir Berdasari; (9) Drs. Lalu Syukri; (10) Drs. Lalu Azhar.

Visi, Misi dan Tujuan.

Visi Fakultas Hukum Unran adalah: Pada tahun 2020 Fakultas Hukum Universitas Mataram mampu bersaing secara nasional maupun internasional dalam melakukan pendidikan, penelitian dan pengabdian yang dilandasi ilmu dan iman.

Misi:

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang mampu menghasilkan peserta didik yang berkemampuan akademik profesional, jujur, humanis bermartabat serta berkepribadian
  2. Menyelenggarakan penelitian hukum yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu hukum dan sebagai dasar pertimbangan pembuatan, penerapan atau penegakkan hukum yang religius.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat melalui pendayagunaan ilmu hukum dan sumberdaya manusianya dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat serta martabat dan kepribadian.
  4. Melakukan pengembangan dan perluasan ilmu pengetahuan hukum untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Tujuan Pendidikan tinggi program sarjana bidang ilmu hukum adalah menyiapkan peserta didik atau mahasiswa menjadi Sarjana Hukum yang:  Menguasai Hukum Indonesia;Menguasai dasar-dasar ilmiah dan dasar-dasar kemahiran hukum untuk mengembangkan Hukum dan Ilmu Hukum serta mampu mengikuti perkembangan Hukum dan Ilmu Hukum; Mengenal dan peka terhadap masalah-masalah keadilan dan persoalan-persoalan kemasyarakatan; Mampu menganalisis masalah-masalah hukum dalam masyarakat; Mampu menggunakan Hukum dan Ilmu Hukum sebagai sarana untuk memecahkan masalah-masalah hukum dan kemasyarakatan dengan arif dan bijaksana dengan tetap berdasarkan pada prinsip-prinsip hukumdan ilmu hukum

JSN Solid template designed by JoomlaShine.com

Copyright ┬® 2016 Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Mataram 2016