Fakultas Ekonomi Universitas Mataram (FE Unram) merupakan salah satu fakultas tertua dan terfavorit yang ada di Unram. Fakultas Ekonomi Unram awalnya dirintis atas permintaan Gubernur KDH Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) R. Ar. Moh. Ruslan Cakraningrat pada tanggal 17 Nopember 1963 untuk membuka sebuah fakultas baru yaitu Fakultas Ekonomi di samping Fakultas Hukum yang pada saat itu di Yayasan Pendidikan Sangkareang. Dibukanya fakultas ini adalah sebagai persiapan untuk dijadikan fakultas negeri. Fakultas Ekonomi Sangkareang  pertama kali memiliki 85 orang mahasiswa. 

Pada 19 Desember 1963, Fakultas Ekonomi Sangkareang diresmikan oleh Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Prof. Dr. Ir. Toyib Hadiwijaya menjadi Fakultas Ekonomi Universitas Mataram dan bersamaan dengan momen tersebut maka lahirlah Universitas Negeri Mataram atau dikenal dengan Universitas Mataram. Fakultas Ekonomi Unram merupakan satu-satunya fakultas di Universitas Mataram hingga tahun 1966.

Pada tanggal 1 Januari 1967 dibuka Fakultas Pertanian yang disusul oleh perubahan status Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat Sangkareang menjadi Fakultas Hukum Universitas Mataram.

Perkuliahan pertama Fakultas Ekonomi berlangsung di Balai Kambang yang terletak di tengah-tengah kolam Taman Mayura Cakranegara. Pada tahun kedua, perkuliahan mahasiswa tingkat satu berlangsung di Gedung Unram yang pada saat itu berlokasi di Karang Jangkong sementara mahasiswa tingkat dua tetap berlangsung di Balai Kambang.

 

Setelah dirampungkannya pembangunan Gedung Fakultas Ekonomi di dalam lingkungan Unram di Jalan Pendidikan, seluruh kegiatan perkuliahan dan administrasi dipindahkan di gedung tersebut. Dalam perkembangnnya, tahun 1997 FE Unram memperoleh tambahan pembangunan gedung kampus baru yang berlokasi di Jalan Majapahit 62 Mataram. Pembangunan gedung tersebut diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang pada saat itu Dr. Wardiman Djojonegoro dan diserahkan langsung ke fakultas. Sejak itulah seluruh kegiatan administrasi dan pelayanan akademik dipusatkan di gedung FE Unram yang baru.

Secara fisik Gedung FE Unram ini seluas sekitar 3.500 m2 terdiri atas tiga lantai dengan jumlah ruang perkuliahan sebanyak 14 kelas, 4 ruang unsur pimpinan yang terdiri atas ruang Jurusan IESP, Manajemen dan Akuntansi, dan 1 ruang bidang kajian. Selain itu terdapat ruang BP2EB (Badan Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi dan Bisnis); 3 ruang dosen masing-masing dengan kapasitas 15-30 orang dosen; 3 ruang Laboratorium Komputer masing-masing memiliki kapasitas  20-30 orang; 1 ruang Sidang Utama; 4 ruang Pelayanan Administrasi antara lain Subbag Pendidikan; Subbag Keuangan dan Kepegawaian; Subbag Administrasi Umum dan Perlengkapan; serta Subbag Kemahasiswaan di bawah koordinasi Kepala Bagian Tata Usaha.

 

JSN Solid template designed by JoomlaShine.com

Copyright ┬® 2016 Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Mataram 2016